Senin, 13 April 2009

Dasar Pemikiran

o Secara umum salah satu permasalahan besar yang dihadapi bangsa ini adalah pengangguran. Pengangguran merupakan penyakit yang memberikan efek sangat besar terhadap masalah ekonomi dan social. Kenapa pengangguran sangat sulit diatasi? Pertanyaan ini bukan pertanyaan baru lagi. Jawabannya adalah sulit lapangan kerja. Ketika lapangan kerja sudah disediakan, pengangguran bukannya berkurang, malah bertambah. Apa pasal? Sudah banyak program-program dibuat oleh pihak berwenang untuk mendapat solusi dari permasalahan ini. Pemerintah sudah membuka lowongan PNS, pihak swata juga sudah membuka lowongan penerimaan karyawan tiap tahun. Sampai pihak pemerintah dan swasta pun berkalborasi mengatasi pengangguran dengan program Pengiriman Tenaga Kerja Keluar Negeri. Dan program tersebut boleh dibilang berhasil karena masih diliputi berbagai macam masalah perlakuan kemanusiaan dan sistim manajerial beserta adminitratif yang belum tepat. Jadi, semua yang peduli akan masalah pengangguran ini pihak perlu mencarikan selusi yang lebih baik.
o Sebuah program yang mampu mengatasi pengangguran dan tidak menimbulkan masalah baru sangat diharapkan saat ini. Smart College, sebuah lembaga pendidikan dan pelatihan yang berpusat di kota Padang telah merancang sebuah program yang terbaru. Program ini dirancang berdasarkan kebutuhan dasar bagi semua pihak ; pendidikan dan pelatihan tenaga kerja terampil berwawasan layaknya akademisi dan matang layaknya professional. Dalam program ini calon tenaga kerja akan dididik dan dilatih dengan program up to date dibawah kawalan tenaga ahli dan pakar dari pihak akademis, praktisi perusahaan dan konsultan. Jadi calon tenaga kerja tersebut memiliki kemampuan setara serjana, keterampilan setara prektisi perusahaan ketelitian setara professional matang. Sebuah pertanyaan bias muncul, apa jaminannya ? Karena waktu yang diberikan singkat, durasi pertemuan tidak terlalu sering dan siapa yang akan menerima mereka? Sedangkan para serjana atau orang yag telah mengikuti pelatihan khusus malah telah mengikuti seminar atau workshop saja belum tentu bisa mendapatkan pekerjaan yang layak. Atau sebaliknya para perusahaan pun belum tentu akan menerima dengan mudah para sarjana, lulusan pendidikan khursus atau orang yang telah pernah mengikuti seminar maupun workshop.
o Sebenarnya diantara penyebab permasalahan adalah ;
 Pihak calon pekerja belum memiliki kemampuan yang menjual yang sangat dibutuhkan perusahaan untuk mencapai target baik dalam adminitratif, marketing, keuangan maupun manajemen.
 Pihak perusahaan belum memiliki sistim manajemen SDM yang efisien yang sangat diperlukan untuk mengisi kebutuhan perusahaan dalam mencapai target.
 Masih ada perusahaan yang masih memakai tenaga kerja dengan kemampuan ala kadarnya dan dibayar dengan kemampuan ala kadar juga. Alasannya, mereka belum cukup dana untuk menggaji pekerja dengan gaji yang layak.
 Belum jelinya pihak pemerintah dalam menemukan solusi yang betul-betul tepat dan up to date terhadap masalah yang dihadapi tenaga kerja dan perusahaan